Rabu, 19 September 2012

Keunikan Gagasan dan Teknik dalam Karya Seni Rupa Terapan di Wilayah Nusantara


1.Keunikan Gagasan
 
Seni Rupa Terapan selalu mempertimbangkan unsur keindahan dan fungsi praktis . Kedua unsur tersebut merupakan satu kesatuan  yang  selalu menjadi pertimbangan dalam penciptaan karya seni rupa terapan . Selain kedua unsur tersebut  ,seni rupa terapan diberbagai wilayah nusantara meiliki keunikan gagasan yang merupakan efek dari budaya  nusantara yang penuh  dengan simbol dan filosofi . Berikut ini adalah keunikan tersebut :

a.       Batik
Motif tersebut bukan diciptakan karena segi keindahan , tetapi memiliki makna tertentu . misalnya motif batik parang memiliki kekuasaan dan kekuatan yang hanya boleh dikenakan oleh  penguasa dan ksatria . 





                Motif  Bali                                                             Motif Cirebon


b.      Keramik
Semula bentuknya sangat sederhana , kemudian berkembang menjadi lebih  bervariasi . Keunikan keramik terutama terletak pada bahannya yang mudah dibentuk sehingga memungkinkan munculnya berbagai variasi bentuk yang tak terhingga jumlahnya . Dalam corak atau model keramik terdapat  beberapa corak sbb :

·      Corak Tradisional 
Yakni corak yang mempunyai bentuk ,  gaya , dan motif benda keramik yang bersifat kedaerahan  atau lokal . Pembuat mengutamakan segi fungsi atau guna , motif sederhana dan global .
Ciri-cirinya antara lain :
a)      Bentuk cenderung bulat
b)      Mengutamakan segi guna atau fungsi
c)       Dekorasi dan variasi sangat sederhana
d)      Menarik
e)      Praktis penggunaanya
·         Corak modifikasi
Yaitu pembaharuan atau perubahan bentuk  secara langsung untuk mencapai keindahan .
Ciri-cirinya antara lain :
a)      Bentuk pembaharuan dari tradisional
b)      Menyelesaikan secara langsung
c)       Bentuk pembaharuan berupa pengembangan sehingga menjadi indah
·         Corak kontemporer
Yaitu pembuatan keramik secara langsung saat benda keramik di atas putaran . Bentuk ini mengikuti perkembangan zaman dibuat dengan  cara mengurangi atau menambah tanah liat setengah basa.
c.       Ukir
Keunikan seni ukir adalah originalitasnya . Setiap seniman ukir memiliki gagasan yang berbeda yang dapat dituangkan ke dalam ukiranya . Ukir menuntut pembuatnnya untuk mengerjakan secra manual satu demi satu , sehingga orisinalitas gagasan tetap terjaga .

2. Keunikan Teknik

Keunikan teknik yang digunakan dalam pencpitaan seni rupa terapan di berbagai wilayah di Indonesian berkaitan erat dengan  bahan yang digunakan . Seperti kita ketahui , setiap daerah memiliki potensi sumber daya alam yang berbeda beda , meliputi kayu , rotan , pandan , tanah liat , kulit binatang dan lainnya . Karena sifat dari bahan bahan tersebut berbeda , maka teknik yang digunakan pun berbeda  . Antara lain :
a.       Teknik Butsir
Teknik yang membentuk karya dengan cara menambah au mengurangi objek . Bahan bau yang digunakan adalah bahan lunak , mislnya tanah liat .
b.      Teknik cetak atau cor
Dengan cara membuat membuat cetakan terlebih dahulu , kemudian menggunakan cetakan tersebut untuk memebentuk objek . Bahan bakunya adalah semen , logam , dan fiberglass .
c.       Teknik Pletser
Merupakan teknik menempeli objek sehingga menjadi karya seni yang indah . Bahan baku untuk menempel adalah campuran semen dan pasir .
d.      Teknik Sambung
Merupakan teknik membentuk karya dengan cara merakit bahan yang berupa logam atau bahan lain .
e.      Teknik Pahat
Merupakan teknik membentuk karya dengan ca mengurangi bagian objek yang berupa kayu atau kulit .
f.        Teknik Plastis
Yaitu pembuatan dengan cara menempelkan bahan sedikit demi sedikit sehingga menjadi bentuk yang diinginkan .Bahannya adalah tanah liat , semen , gips ,  bubur kertas , dll
g.       Teknik Membatik
Proses pembuatannya adalah dengan cara menerakan malam dan kemudian diproses dengan cara tertentu dengan cara bertahap .
h.      Teknik Anyam
Bahan baku yang digunakan berasal dari berbagai tumbuhan yang diambil seratnya seperti bambu , palem , rotan dan mendong
i.         Teknik tenun
Dengan m enggunakan alat tenun , Penghasil tenun ikat yang terkenal antara lain Bali , Lombok , Sumba dan Flores .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar