Jumat, 07 September 2012

Seni Rupa Terapan


A.Pengertian seni rupa terapan
Seni rupa sebagai cabang kesenian yang perwujudannya dalam bentuk rupa yang dapat dinikmati melalui indra penglihatan . Oleh karena itu seni rupa disebut seni visual . Seni rupa dibagi berdasarkan bentuk dan tujuannya :
1.       Berdasarkan bentuk

a.      seni rupa 2 dimensi ( dwimatra )

b.   seni rupa 3 dimensi ( trimatra )
2.    Berdasarkan tujuan
        a.   seni rupa murni
        b.   seni rupa terapan
Seni rupa murni merupakan kegiatan berkarya seni yang menghasilkan karya indah dan sengaja diciptakan sebagai curahan nurani yang indah .Karya seni rupa murni meliputi karya seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi .
Seni rupa terapan memiliki 2 unsur , yaitu unsur keindahan dan kegunaan praktis . Unsur tersebut merupakan satu kesatuan yang selalu ada dalam seni rupa terapan .
 B.Ruang Lingkup Seni Terapan 
               
            Seni Kriya

Seni Kriya sering disebut seni kerajinan . Semua seni Kriya dianggap sbagai seni yang          marginal disbanding seni rupa cabang lain separti seni lukis dan seni  desain . Seni Kriya identik dengan masyarakat menengah ke bawah . Seniman kiya hanya dianggap tukang yang menerima pesanan barang – barang kriya seperti keramik dan mebel ukir untuk keperluan rumah tangga . Pada perkembangannya selanjutnya ,terutama setelah diadakan seminar nasional tanggal 21 oktober 2000 , lahirlah konsepsi seni kriya sebagai kriya seni dan kriya terap .

  
Seni Desain 

Seni desain berkembang pesat setelah perang dunia ke 2 . Desain dianggap sbagai bagian dari seni rupa yang berafiliasi dengan industry . Jika konsepsi seni kriya berawal dari basik tradisi etnis , konsepsi seni berawal dari basik tradisi barat . 


Seni Miniatur 

 Seni miniature merupakan perpaduan dari berbagai bentuk seni rupa . Seni ini membuat duplikat objek beberapa kali lebih kecil dri bentuk aslinya . Antara lain adalah Maket dan Diorama .


 


 Seni Arsitektur / Bangunan 

Seni arsitektur adalah seni merancang bangunan . Meliputi fungsi , model , rincian bahan , dan biayanya .

 

Seni Tata Busana

Sepintas seni tata busana adalah bagian dari seni kriya pakai . Tapi tata busana menyangkut hal yang lebih kompleks . Seni Tata busana mencakup berbagai hal dari merancang corak kain  model busana , seta keserasian dengan pemakai dan keserasian waktu dan suasana saat busana tersebut dikenakan .

      Seni Tata Rias

Seni Tata rias adalah seni marawat dan mempercantik  tubuh termasuk pakaian atau asesoris yang dikenakan . Bagian tubuh yang dirawat adalah kulit dan rambut . Sedangkan yang di rias biasanya wajah , rambut dan jari .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar